Pages

Rabu, 25 Juli 2018

gagal juara bukan ukuran kegagalan timnas u19

Nurhidayat haji haris
piala aff u19 telah berakhir dan indonesia telah gagal untuk mejadi juara. karena ketika ketemu di seminal indonesia kalah dengan malaysia. walaupun kekalahan yang diderita adalah kekalahan terhormat. indonesia pada gelaran piala aff u19 kalah ketika harus menjalani babak tos-tosan. tetapi sebagai penikmat sepak bola yang tidak hanya urusan menang kalah saja. dapat dijadikan sepak bola sebagai sesuatu yang menggembirkan karena secara permainan dan mental bermain para pemain sudah baik. tetapi belum diikuti oleh penonton yang kadang merasakan kekecewaan yang dalam ketika kita kalah dengan  malaysia di adu pinalti

membangun rasa nasionalisme dari sepak bola. eggy m.v sering kali disebut oleh para komentator sebagai seorang messi yang berasal dari indonesia. sistem pembinaan yang baik. adanya filosopi sepak bola indonesia yang harus diperkenalkan sejak dini oleh para pelatih sepak bola yang nantinya akan menangani timnas indonesia. 

suporter indonesia harus mengubah cara berpikir mereka. karena dalam setiap pertandingan pasti ada yang kalah dan yang menang. tentu adalah wajar jika kita kecewa jika kemenangan itu tidak kita raih . apalagi jika dikalahkan oleh  malaysia. tetapi dengan mengandalkan pelatih yang indoensia yang merupakan pelatih sendiri pelatih dari engara indoensia sendiri.

tetap ada peluang indonesia untuk dapat menjuari piala afc u19 yang akan diselenggarkan di indonesia . tahun ini memang sangat penuh dengan sepak bola indonesia mulai dari affu19 yang diselenggarkan di indonesia hingga affu16 yang diselenggarkan di indonesia juga.

pola permainan yang bisa dikembangkan oleh pelatih indera safrie tentu saja ini merupakan sebuah perkembangan. serangan sekarang tidak berbasis sebuah playmaker tetapi berdasarkan sebuah kerja sama team yang sangat kompak. dan penyerangan sekarang ini selain mengandalkan sayap juga mengandalkan lapangan tengah cutback yang dulu menjadi andalan tidak lagi dijadikan andalan untuk  menyerang pertahanan lawan.

nurhidayat haji haris menjadi kapten timnas u16 yang sangat kokoh. tentu saja karena pelatih di bhayangkaran fc. mempercayakan pemain ini menjadi starter dalam setiap permainannya . dan ini telah membentuk nurhidayat haji haris menjadi pemain belakang yang sangat kuat dalam berduel dengan bola-bola atas dan bisa mengkandaskan serangan lawan. cuman yang harus dilatih adalah antisipasi terhadap bola-bola mati.
 

0 komentar:

Posting Komentar